Selamat datang di Carirumah.id. Dalam Artikel ini, admin akan memberikan sebuah informasi tentang desain ruangan mengenai 6 Desain Rangka Atap Baja Ringan dan keuntungannya. Silahkan jadikan sebuah wacana dalam mendesain rumah dan selamat membaca.

Kali ini akan dibahas tentang desain rangka atap baja ringan. Rangka atap baja ringan saat ini sudah banyak dipakai baik untuk rumah tinggal, gudang, perkantoran, hotel, bangunan ibadah, restoran dan sebagainya.

Beberapa syarat-syarat yang harus diketahui dan dipenuhi, sebelum anda mendesain rangka atap baja ringan dibuat:

Denah rencana atap

6 Desain Rangka Atap Baja Ringan dan keuntungannya

Gambar denah rencana atap harus ada untuk mengetahui desain bentuk atap yang diterapkan pada bangunan. Namun Bila perlu terdapat gambar 3D sebagai visualisasi desain bentuk atap untuk memudahkan perencanaan rangka atap baja ringan.

Denah balok ring

6 Desain Rangka Atap Baja Ringan dan keuntungannya

Gambar denah balok ring juga harus dilampirkan untuk mengetahui konstruksi bangunan atas, karena kuda kuda /rangka atap baja ringan nantinya akan berada di atas balok ring.

Sudut kemiringan atap

des6 Desain Rangka Atap Baja Ringan dan keuntungannya

Sudut kemiringan atap yang didesain juga harus diketahui, yang lebih mudah dengan dilampirkan gambar potongan bangunannya. Apakah kemiringan atap 15° atau  30° atau 45°, yang akan berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan.

Overhang

Atap yang Overhang ini adalah sosoran atap pada bangunan yang bisa berfungsi sebagai atap teras samping maupun atap teras depan. Overhang umumnya pada rumah tinggal, dari balok ring berjarak 80cm atau 90cm atau 100cm. Overhang ini juga berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan.

Jenis & Merek genteng yang dipakai

Nah jenis dan merek genteng pun juga berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan. Seperti ukuran genteng (pengaruh pada jarak reng), material genteng (pengaruh pada beban atap dan jarak kuda kuda) dan merek genteng (pengaruh pada bentuk dan jarak pasang genteng).

Beban tambahan di atas 200Kg

Ada kemungkinan beban tambahan pada atap bangunan, yang harus diberitahukan di awal perencanaan rangka atap, yang berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan. Beban tambahan yang dimaksud seperti: pemanas air, lampu hias gantung, maupun pernak pernik display lainnya yang melebihi beban di atas 200Kg.

Keuntungan dan Kekurangan

Kelebihan rangka atap baja ringan:

  1. Harga relatif terjangkau: Harga dan juga biaya pemasangan rangka atap baja ringan relatif lebih murah dibanding material bangunan lainnya.
  2. Kualitas material terbaik: Kualitas material rangka atap baja ringan termasuk terbaik khususnya dibanding dengan material kayu, karena ketahanan rayap / serangga.
  3. Tepat waktu: Adanya pelatihan tenaga / tukang ahli dan kecepatan pekerjaan pada rangka atap baja ringan, membuat pelayanan pengiriman material serta pemasangan menjadi tepat waktu
  4. Usia Material: Dengan jaminan kualitas material terbaik, rangka atap baja ringan rata-rata usia material lebih lama dan bebas perawatan.

Kekurangan rangka atap baja ringan :

  1. Tenaga / tukang ahli: Rangka atap baja ringan harus dikerjakan oleh tenaga / tukang ahli, karena butuh presisi dan teknis pemasangan yang akurat.
  2. Gambar rencana atap (desain atap): Harus ada gambar rencana atap (desain atap) yang akan dipakai, sedangkan pada rangka atap kayu atau rangka atap beton bisa ada atau tidak ada gambar.
  3. Perhitungan struktur yang akurat: Aplikator rangka atap baja ringan biasanya mempunyai program komputer khusus untuk mendesain serta melakukan perhitungan struktur rangka atap baja ringan pada suatu bangunan.

6 Desain Rangka Atap Baja Ringan dan keuntungannya

0 Komentar