Selamat datang di Carirumah.id. Dalam Artikel ini, admin akan memberikan sebuah informasi tentang desain ruangan mengenai 6 Hal Ini Saat Menentukan Desain Rumah Mezzanine. Silahkan jadikan sebuah wacana dalam mendesain rumah dan selamat membaca.

Perhatikan Posisi Lantai Mezanin

google.com

Penentuan desain rumah mezzanine tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Idealnya, posisi lantai mezanin dibuat di tengah-tengah dua lantai rumah, yakni antara lantai dasar dan langit-langit atau plafon rumah.

Meskipun ukuran rumah mezzanine harus disesuaikan menurut tinggi langit-langit, namun pastikan bahwa lantai mezanin tersebut mempunyai tinggi layaknya ruangan normal sehingga kepalamu tidak mudah terbentur.

Baca Juga:6 Desain Rumah Sederhana Di Desa

Perhatikan Luas Lantai Mezanin

google.com

Tampak rumah mezzanine pun sebaiknya dibuat dengan luas yang hanya sepertiga dari total luas ruangan yang akan dibangun. Hal ini perlu kamu lakukan supaya ruangan tidak terkesan sempit dan sumpek. Jika lebih dari ukuran di atas, sirkulasi udara pun bisa terganggu sehingga hawa ruangan menjadi lebih cepat panas.

Sesuaikan Rumah Mezzanine dengan Fungsinya

google.com

Desain rumah mezzanine memiliki karakter semiterbuka. Maka dari itu, lantai mezanin kurang cocok jika digunakan sebagai kamar tidur, namun sangat cocok difungsikan sebagai ruang bermain anak, ruang kerja, ruang keluarga hingga ruang perpustakaan mini. Apa pun yang kamu pilih, pastikan kamu menentukan desain rumah mezzanine agar sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.

Sesuaikan juga pemakaian furniturnya. Apabila ruang mezzanine ingin kamu jadikan kantor kecil, maka sediakan furnitur seperti meja kantor, kursi kantor, lemari arsip, dan lainnya.

Pemilihan Material untuk Desain Rumah Mezzanine

google.com

Meskipun berfungsi sebagai lantai tambahan, namun kamu jangan menggunakan material yang ala kadarnya. Sebab, lantai mezanin merupakan bagian dari bangunan utama rumah yang mungkin digunakan secara aktif oleh pemilik rumah sehingga material yang dipilih harus memiliki kualitas prima dan tidak mudah rusak.

Dalam rumah mezzanine, kamu bisa memilih material yang dapat menyatu dengan konstruksi utama pada bangunan rumah ataupun memanfaatkan material dengan durabilitas terbaik seperti beton ringan, baja ringan dan kayu.

Optimalkan Pencahayaan dan Udara di Rumah Mezzanine

google.com

Distribusi cahaya dan udara pun sangatlah penting untuk kamu perhatikan saat membangun rumah mezzanine. Setidaknya, buatlah sebuah jendela pada salah satu sisi lantai mezanin agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami bisa masuk ke dalam ruangan.

Jika hal tersebut dirasa kurang, kamu bisa menggunakan lampu dengan cahaya yang disesuaikan menurut fungsi ruangan serta menambahkan kipas angin pada sudut lantai ataupun dinding agar ruangan tetap sejuk dan memberikan kenyamanan pada penghuni rumah.

Pilih Desain Tangga Sesuai Konsep Interior

google.com

Tangga merupakan elemen penting pada rumah mezzanine karena akan digunakan secara aktif saat mengakses lantai tersebut. Pastikan pilih tangga dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan bagian bawah dan lantai rumah mezzanine sehingga tidak terkesan sempit. Selain itu, sesuaikan desain tangga agar tampak menyatu dengan konsep interior ruangan utama.

6 Hal Ini Saat Menentukan Desain Rumah Mezzanine

0 Komentar